Jurus Jitu Cagub Koster Atasi Pengangguran di Bali

Untuk mengatasi masalah pengangguran di Pulau Dewata, Bali, calon gubernur (Cagub) Bali I Wayan Koster menyiapkan sejumlah program terobosan.

Di antaranya dengan menghidupkan industri kerajinan rakyat berbasis budaya, menghidupkan industri desa dengan konsep one village one product, mengembangkan industri kreatif, memajukan sektor pertanian juga perkebunan dan sebagainya.

“Akan kami siapkan semuanya dari hulu ke hilir. Misalnya untuk industri kerajinan rakyat berbasis budaya akan kami bantu permodalan, peningkatan kualitas produk sampai membuka akses pasar,” kata Koster saat bertatap muka dengan masyarakat Banjar Peninjoan, Desa Peguyangan Kangin, Denpasar, Sabtu, 5 Mei 2018, seperti yang dikutip dari Antara.

Dia menyebutkan, saat ini jumlah angka pengangguran di Pulau Dewata masih didomininasi lulusan tingkat SMU/SMK dan perguruan tinggi.

Tak hanya itu, untuk meningkatkan keahlian dan keterampilan tenaga kerja lokal Bali, selain melalui program pendidikan formal, pihaknya juga akan memberi pelatihan sesuai kebutuhan pasar kerja melalui pendidikan nonformal di Balai Latihan Kerja (BLK).

“Kami juga akan siapkan pendidikan pelatihan untuk keahlian bidang tertentu seperti spa dan lainya. Bahkan akan kami bantu penyalurannya yang bekerjasama dengan provinsi lain. Karena tenaga kerja terlatih dan terampil di bidang pariwisata sangat dibutuhkan di luar Bali,” ujar calon Gubernur Bali nomor urut satu ini.

Melalui program terobosan tersebut, Wayan berharap akan mampu mengurangi angka pengangguran di Bali khususnya untuk angka usia kerja.

Pilkada Bali 2018 diikuti dua pasangan calon (Paslon), yakni pasangan nomor urut 1, Wayan Koster-Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati (KBS-Ace). Pasangan itu diusulkan oleh empat parpol peraih kursi di DPRD Bali, yakni PDIP, Hanura, PAN, dan serta PKPI. Pasangan tersebut juga didukung PKB dan PPP.

Pesaingnya adalah pasangan nomor urut 2, Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra-Ketut Sudikerta (Mantra-Kerta). Mereka diusulkan oleh empat partai peraih kursi di DPRD Bali, yakni Golkar, Gerindra, Demokrat, dan Nasdem. Mereka juga didukung oleh PKS, PBB, dan Perindo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *