Jepang Permalukan Timnas Indonesia U-19

Jakarta Timnas Indonesia U-19babak belur di tangan Jepang U-19 pada laga persehabatan, Minggu (25/3/2018). Di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, tim asuhan Bima Sakti itu tumbang dengan skor 1-4.

Laga debut Bima Sakti sebagai pelatih Timnas Indonesia U-19 harus berakhir dengan kekecewaan besar. Meski memasang Egy Maulana Vikri sebagai starter, Timnas U-19 tetap tak bisa menandingi kehebatan Jepang U-19.

Di awal laga, Timnas Indonesia U-19 memperagakan permainan bola-bola pendek. Mereka terlihat sangat berhati-hati dengan tidak terburu-buru melancarkan serangan ke arah pertahanan Jepang U-19.

Sampai menit kelima, kedua tim belum ada yang mendapatkan peluang untuk mencetak gol. Bahkan, kiper Muhammad Aqil Savik dan Keisuke Osako juga hanya sekali menyentuh bola. Kesempatan baru didapat Timnas Indonesia U-19 setelah mendapat tendangan bebas usai pergerakan Egy Maulana dilanggar di menit kedelapan. Namun, eksekusi Egy Maulana tak mampu disambut rekan-rekannya dengan sundulan.

Upaya yang dilakukan Muhammad Luthfi Kamal dari situasi bola mati di menit ke-11 juga tak membuahkan hasil. Sempat membentur pemain lawan, kiper Osako dengan mudah mengamankan bola ke dalam pelukannya.

Jepang yang justru membuka keunggulan lebih dulu di menit ke-16. Berawal dari kesalahan Rachmat Irianto, Hori Kenta memberikan umpan matang yang dimaksimalkan Miyashiro Taisei. Di menit ke-21, Jepang U-19 kembali mendapatkan peluang, tapi gagal dimanfaatkan Ando Mizuki.

Timnas Indonesia U-19  memiliki kans di menit ke-25. Feby Eka Putra memperlihatkan kecepatannya di sisi kanan pertahanan Jepang. Sayang, tendangannya hanya mengarah ke sisi kanan gawang Jepang U-19.

Sampai memasuki menit ke-30, Garuda Nusantara tak kunjung mendapatkan peluang emas untuk menyamakan skor. Justru Jepang yang nyaris menggandakan keunggulan di menit ke-38. berawal dari tepisan Aqil Savik, tendangan Ito Hiroki nyaris masuk ke gawang andai tak mengenai badan Kadek Raditya Maheswara.

Kiper Jepang U-19 nyaris membuat kesalahan yang berujung gol. Itu karena ia melakukan tepisan yang tak sempurna saat membendung tendangan keras jarak jauh Hanis Saghara di menit ke-40. Hingga babak pertama berakhir, keunggulan 1-0 Jepang U-19 tak berubah

Babak kedua baru berjalan tiga menit, Jepang U-19 sudah menggandakan keunggulan. Tim besutan Kadeyama Masanaga itu mendapatkan gol usai Hori Kenta mengirimpan umpan silang yang dimaksimalkan Yamada Kota di menit ke-48.

Tak sampai semenit, tim Samurai Biru kembali memperbesar keunggulan. Kali ini, peluang yang dimaksimalkan Ando Mizuki adalah hasil dari sapuan tak sempurna Rifad Marasabessy di dalam kotak penalti Timnas U-19.

Di menit ke-52, Jepang U-19 nyaris mencetak gol keempat. Taisei telah mampu melewati Aqil Savik. Beruntung, sebelum bola masuk ke gawang, Racmat Irianto mampu melakukan sapuan hingga hanya menghasilkan sepak pojok.

Sampai memasuki menit ke-60, Egy Maulana dkk masih saja kesulitan menembus lini belakang Jepang. Selain kalah postur, arah operan bola Timnas U-19 kerap mudah dibaca para pemain Jepang U-19.

Padahal, beberapa pergantian pemain telah dilakukan Bima Sakti. Bahkan, Egy Maulana juga ditarik di menit ke-72 dan digantikan Witan Sulaeman. Muhammad Iqbal pun sudah dimasukkan sejak menit ke-60-an. Tapi, strategi Bima Sakti tampaknya tak berjalan mulus.

Jepang yang kembali mencetak gol ke gawang Timnas U-19 di menit ke-80. Mereka mendapatkan hadiah penalti usai Julyano Nono melanggar Ando Mizuki di kotak terlarang. Hadiah penalti itu dimaksimalkan Mizuki untuk mencetak gol keduanya.

Timnas U-19 baru bisa memperkecil ketertinggalan di menit ke-90+4. Backpass tak sempurna pemain belakang Jepang sukses dimanfaatkan Aji Kusuma untuk mencetak gol pembuka tuan rumah. Pada akhirnya, laga ditutup dengan kemenangan 4-1 Jepang U-19.

Susunan Pemain

Timnas Indonesia U-19: M Aqil Savik, Kadek Raditya Maheswara, Firza Andika, M Rachmat Irianto, M Rifad Marasabessy, M Lutfi Kamal, Egy Maulana Vikri, Syahrian Abimanyu, Feby Eka Putra, Saddil Ramdani, Hanis Saghara

Timnas Jepang U-19: Osako Keisuke; Ishihara Hirozaku, Hashioka Ayumu, Kobayashi Yuki, Higashi Sunki, Hori Kenta, Ito Hiroki, Yamada Kota, Ando Mizuki, Miyashiro Taisei

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *